-->

Pensil Pertama di dunia dan Penemunya

anda tahu bukan siapa penemu benda yang satu ini? pasti benda yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi anda kan?



Pensil merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi manusia. Baik untuk kebutuhan anak sekolah maupun untuk para seniman dan pekerja seperti arsitek. Bahkan dengan perkembangannya sekarang, pensil tidak hanya digunakan sebagai alat tulis maupun lukis saja, namun juga dapat berupa alat kosmetik.

Bertahun – tahun semenjak kita belajar di taman kanak – kanak hingga saat ini kita masih sering menggunakan alat tulis pensil ini. Namun, apakah anda mengetahui sejarah pensil dan siapa pertama kali yang menemukannya?

Foto: Pensil zaman dulu

Pada awal mula pembuatan pensil hanya terbuat dari grafit atau barang tambang yang warna, bentuk, dan rupanya mirip seperti arang. kelemahan nya adalah gampang sekalipatah , terlalu halus , lembut , dan cepat kotor.
Mengetahui hal itu, kemudian ia berpikir dan membuat pensil dari campuran bubuk granit dengan tanah liat yang dilapisi kayu, dan kertas sehingga membentuk campuran itu menjadi batangan dan membakarnya supaya terlihat rapih. Hasilnya tak sia-sia , pensil menjadi nyaman di pakai dan mudah digunakan menulis.


Penemu Pensil

Sebenarnya tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan dan dimana tepatnya pensil pertama ditemukan. Pensil primitif pun diyakini sudah ada di benua Eropa sejak 1560-an. Namun jauh sebelum itu suku Aztec di sentral Meksiko sudah menggunakan grafit sebagai penanda.

      
Pensil modern yang sekarang pertama kali dibuat oleh Nicolas-Jacques Conte.
Pensil yang ditemukan oleh Conte ini merupakan pensil modern. Pensil primitif yang sudah ada sebelumnya tak berbentuk se-modern yang diciptakan oleh Nicolas-Jacques Conte. Selain itu, ia juga menciptakan mesin perlengkapan yang bisa digunakan untuk membulatkan pensil.

Pada abad ke-19, pensil menjadi bisnis industri besar. Tak lama setelah itu, muncullah pabrik-pabrik besar yang memproduksi pensil. Sampai dengan abad ke-20, anak-anak sekolah masih menggunakan pensil sebagai alat tulis. Nah, saat ini kamu bisa melihat berbagai variasi warna isi pensil. Pensil jenis ini dikelompokkan ke dalam kategori pensil warna. 

Sungguh penemuan yang sederhana tetapi memiliki arti penting bagi manusia kini dan nanti. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter