-->

Jenis-Jenis Kemeja dan Penemu kemeja Berkerah pertama

Kemeja merupakan sebuah pakaian atas yang dikenakan oleh pria, pakaian ini menutupi bagian badan seperti tangan, bahu, dada hingga perut. Umumnya pakaian ini memiliki kerah dan menggunakan kancing di bagian depan, berlengan panjang maupun pendek. 

Jaman dahulu kemeja hanya memiliki satu warna yaitu warna putih, saat itu kemeja putih hanya dikenal sebagai baju yang dikenakan para bangsawan. Fakta ini tertulis pada buku Men's Wardrobe seri Chic Simple disebutkan, para bangsawan Eropa abad ke-17 biasa memakai kemeja putih yang dihiasi renda pada bagian dada dan lengan. Selain itu mereka juga biasa tampil dengan kemeja putih pada saat mengenakan busana tuxedo, busana yang bersal dari kalangan bangsawan Inggris.

Memasuki awal tahun 1800-an perkembangan kemeja baru mulai bermunculan . Salah satu model paling mewah yakni dengan kerah berupa bulu-bulu yang biasa disebut ruff, model ini cukup populer pada saat itu, sayangnya bahan ruff ini lebih kaku sehingga menyulitkan pemakainya untuk bergerak, sampai akhirnya 1902 HG Wells membuat model baju berkerah yang dapat dilipat.

   
 Foto; HG Wells

Perkembangan kemeja semakin pesat tatkala pakaian ini mulai memperlihatkan model baru yang lenih modern. Kemudian mulai diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 1918 dri sodagar kaya, namun karena model yang terbilang awam dimata penduduk Indonesia , kemeja kuranf banyak diminati, ditambah dengan kebudayaan di Indonesia yang lebih menyukai pakaian batik dan kebaya.

Jenis-Jenis Kemeja 

1. Camp Shirt 


merupakan kemeja lengan pendek atau blus sederhana dengan saku depan dan kerah camping.

2. Dress Shirt

merupakan kemeja dengan kerah formal (agak kaku), umumnya dengan bukaan penuh dari bawah hingga kerah dan menggunakan kancing dan lengan dengan manset.

3. Dinner Shirt

merupakan kemeja khusus yang dibuat untuk dikenakan dengan pakaian malam laki-laki, misalnya kemeja dengan menggunakan dasi hitam atau dasi putih.

4. Winchester Shirt



merupakan sebuah kemeja bergaris atau berwarna namun berkerah putih dan mengenakan manset.

5. Guayabera


merupakan sebuah kemeja bersulam (bordir) dengan empat saku.

6. Poet Shirt

merupakan kemeja longgar/blus dengan lengan uskup penuh, biasanya dengan embel-embel besar di depan dan di manset.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter